logo Kompas.id
OpiniMinta Maaf yang Tepat
Iklan

Minta Maaf yang Tepat

Oleh
SAWITRI SUPARDI SADARJOEN
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/D-SvKpfkpuR1wckYBwwFlgsZfGA=/1024x1371/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2F59398309_1544187307.jpg
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON)

Sawitri Supardi Sadarjoen

Seorang teman sekerja saya mengatakan kepada saya bahwa dirinya tidak pernah meminta maaf dan tidak juga mau menerima permintaan maaf. Menurut dia, jika seseorang meminta maaf, artinya ia sekadar mencoba menghentikan kemarahan orang lain.

Menurut teman saya itu, orang yang meminta maaf sebenarnya hendak mengatakan: ”Jadi, Anda jangan bicara lagi, saya sudah minta maaf. Berhentilah marah kepadaku. Lupakan sajalah apa yang terjadi”.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000