logo Kompas.id
OpiniMedia Sosial dan Bisnis
Iklan

Media Sosial dan Bisnis

Oleh
Agus Sudibyo
· 5 menit baca

Reduksi media sosial sebagai semata-mata sarana interaksi sosial membuat publik cenderung mengabaikan tanggung jawab perusahaan (platform) media sosial sebagai entitas bisnis. Jika ada hoaks yang meresahkan masyarakat, masalahnya dilokalisasi sekadar masalah antara pembuat, korban, dan pembaca hoaks.

https://cdn-assetd.kompas.id/nMM-ZaZGzmEyrmwDrey1qe50dOA=/1024x906/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F05%2F78858881_1559065185.jpg

Impunitas perusahaan media sosial itulah yang menonjol dalam kontroversi tentang gelombang hoaks yang meresahkan masyarakat setelah pengumuman hasil Pilpres 2019. Perbincangan publik hanya mempersoalkan siapa yang bikin hoaks, siapa sasarannya, bagaimana reaksi masyarakat, serta apa tindakan pemerintah dan polisi menanganinya. Bagaimana posisi perusahaan media sosial yang turut menyebarkan hoaks yang mengharu biru perasaan orang banyak itu? Luput dari pergunjingan publik.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000