logo Kompas.id
OpiniTahun 2020, Tahun Kontribusi...
Iklan

Tahun 2020, Tahun Kontribusi untuk Lingkungan

Konsumen mendatang akan sensitif dengan berbagai isu lingkungan. Mereka tidak mau terlibat merusak semesta tempat tinggal mereka. Fenomena ini perlu diantisipasi para pemilik merek.

Oleh
Andreas Maryoto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3E0BqhKmVfY_ZM3Mag6VcCYsOok=/1024x1000/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F20190111IAM-Andreas-Maryoto_1547209674-e1564618904295-34.jpg
KOMPAS/ILHAM KHOIRI

Andreas Maryoto, wartawan senior Kompas

Isu lingkungan lama hanya menjadi isu kesadaran semata. Orang hanya merasa diingatkan akan ancaman kerusakan lingkungan. Beberapa mulai bertindak. Namun, isu lingkungan bukan lagi sekadar isu kesadaran, melainkan telah memasuki fase aksi dan kontribusi.

Isu lingkungan bakal menjadi gaya hidup dan menjadi panduan pemilihan produk. Teknologi digital telah mampu mendeteksi perubahan tren itu. Pemilik merek perlu mengantisipasi dan mengadopsi tren itu.

Editor:
prasetyoeko
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000