logo Kompas.id
OpiniTeruntuk Milenial, Jangan...
Iklan

Teruntuk Milenial, Jangan Investasi Ini, Ya!

Temuan survei yang dilakukan oleh David Low, seorang General Manager Asia Tenggara perusahaan Bitcoin Luno, bekerja sama dengan Dalia Research, pada pertengahan tahun 2019 sudah diketahui diketahui tetap saja mengejutkan

Oleh
Muhammad Nizar Fahmi Otoritas Jasa Keuangan
· 4 menit baca

”Sebanyak 69 persen generasi milenial Indonesia tidak memiliki strategi investasi.” Temuan survei yang dilakukan oleh David Low, seorang General Manager Asia Tenggara perusahaan Bitcoin Luno, bekerja sama dengan Dalia Research, pada pertengahan tahun 2019 meski samar- samar sudah diketahui tetap saja mengejutkan. Bagaimana mungkin seseorang menanamkan dananya pada instrumen investasi, tetapi tidak memiliki cara jitu dalam mencapai keuntungan?

Keterkejutan juga makin bertambah setelah membaca lebih dalam hasil survei yang bertajuk The Future of Money itu. Bagaimana tidak. Dari jumlah 69 persen tersebut, 44 persen di antaranya hanya berinvestasi satu kali dalam satu atau dua tahun. Bahkan, 20 persen di antaranya tidak berinvestasi sama sekali.

Memiliki rencana keuangan untuk masa yang akan datang memang terdengar tidak gampang. Godaan demi godaan datang silih berganti, mulai dari terpaan flash sale, diskon, hingga cuci gudang. Segera setelah dipengaruhi oleh iklan tersebut, penyesalan menghampiri. Generasi milenial dianggap sebagai generasi yang masih sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Padahal, jika mereka sadar perbedaan keduanya, penghasilan yang dimiliki pasti lebih mudah dikelola dan direncanakan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000