logo Kompas.id
OpiniUpaya Menegakkan Harkat Pers
Iklan

Upaya Menegakkan Harkat Pers

Para profesional di ”Kompas” didorong untuk konsisten menunjukkan sikap kritis dalam menghadapi ruang publik pada konteks negara, korporasi, dan masyarakat.

Oleh
Ashadi Siregar (Ketua Ombudsman Kompas)
· 4 menit baca
Pemimpin Redaksi Harian <i>Kompas</i> Sutta Dharmasaputra berbicara dalam acara peluncuran produk <i>bundling</i> Telkomsel dan Kompas.id Menara Kompas, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).
IVAN DWI KURNIA PUTRA

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra berbicara dalam acara peluncuran produk bundling Telkomsel dan Kompas.id Menara Kompas, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Harian Kompas telah menjalankan fungsi institusional terkait kebutuhan segmen khalayak. Di antara informasi yang berorientasi pragmatis pada kecenderungan kebutuhan konsumennya, Kompas mengambil peranan di ruang publik dalam konteks kekuasaan negara dan kekuatan modal. Melalui artikulasi kepentingan publik, terutama kalangan marjinal, liputan jurnalisme dikembangkan mengambil peran selaku alternatif kelompok penekan dalam memengaruhi kebijakan dan pelayanan birokrasi negara serta kewajiban dan sikap sosial korporasi bisnis.

Khalayak sebagai konsumen adalah basis ekonomi media pers. Untuk itu, media pers pada tahap awal mengenali khalayak sasaran dalam skala prioritas, berdasar lapisan kategori sosial, sebagai titik tolak penetapan ragam informasi. Sehingga, muatan media sesuai dengan kecenderungan kebutuhan khalayak. Dalam kepentingan itu pula Kompas berpretensi menyampaikan informasi ”mencerahkan”.

Editor:
ADI PRINANTYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000