logo Kompas.id
OpiniMemahami Suara Generasi Z...
Iklan

Memahami Suara Generasi Z dalam Pemilu

Politisi harus mampu mengkreasi ide yang memungkinkan lahirnya ekonomi baru dengan pertumbuhan eksponensial.

Oleh
REDAKSI
· 1 menit baca
Sekelompok anak muda yang sebagian mengenakan masker berswafoto di luar pusat perbelanjaan di Bengaluru, ibu kota Negara Bagian Karnataka, India, Kamis (2/12/2021).
AR

Sekelompok anak muda yang sebagian mengenakan masker berswafoto di luar pusat perbelanjaan di Bengaluru, ibu kota Negara Bagian Karnataka, India, Kamis (2/12/2021).

Beberapa tahun lalu, kita kerap membahas generasi milenial. Kini, sepertinya kita perlu berfokus pada generasi Z. Kita perlu memahami mereka.

Fenomena generasi baru bisa dilihat di berbagai negara. Di India, para pemilih muda dalam pemilihan umum India tahun ini didominasi lulusan perguruan tinggi yang sulit mendapat pekerjaan layak. Mereka berpendidikan tinggi, frustrasi, dan marah. Menjelang pemungutan suara yang dimulai pada 19 April 2024, kenyataan pahit itu menjadi pekerjaan rumah bagi para politisi India. Bertambahnya pekerjaan tak secepat pertumbuhan angkatan kerja yang berkembang secara demografis. Lapangan kerja baru yang saat ini banyak tersedia adalah di sektor pertanian. Namun, sektor ini kurang diminati generasi muda India, sementara lowongan kerja di pemerintahan yang sangat sedikit menjadi rebutan (Kompas.id, 12/4/2024).

Editor:
ANDREAS MARYOTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000