Unsur ”Sporty” Membalut Karakteristik Klasik
Selepas perjalanan sepanjang 20 kilometer melintasi jalan bebas hambatan dari Palmerah menuju kawasan wisata hutan mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (2/3) siang, kami berdiri di depan sedan New Toyota Corolla Altis seri V 1.8 A/T. Tak hanya tampilannya, Corolla generasi ke-11 ini pun terasa sporty sewaktu dikendarai.
Pagi itu, sepanjang perjalanan yang kebetulan arus lalu lintasnya tidak begitu padat, kami sejenak mengeksplorasi kemampuan mobil ini. Mobil bertransmisi matik dengan tujuh percepatan ini rupanya dikombinasi pula dengan mode transmisi manual yang begitu mudah dimanfaatkan sesuai kebutuhan pengemudinya. Kebetulan saja, tipe V ini juga sudah memiliki cruise control untuk kenyamanan berkendara sehingga kecepatannya sewaktu berada di jalan lurus bisa diatur untuk konstan secara otomatis.
Kami pun sempat memanfaatkan fitur sport drive mode. Dengan sekali tekan, tulisan Sport pun muncul di layar MID panel instrumen. Sekali entak dengan menekan penuh pedal gas, mesin mobil sedikit meraung dan laju kendaraan dengan cepat melejit.
Selama perjalanan, tebersit pula sejumlah referensi yang sebelumnya kami baca tentang mobil ini. Kalau ini disebut generasi ke-11, tentu perjalanan historis menciptakan sedan ini sudah dilakukan begitu lama oleh pabrikan Jepang ini. Lantas, apa bedanya sedan yang diperkenalkan pada pertengahan Januari 2017 ini dengan generasi-generasi sebelumnya?
Karakter diperkuat
New Corolla Altis generasi terbaru ini diperkenalkan PT Toyota Astra Motor di Jakarta pada pertengahan Januari 2017. Secara tampilan luar, sedan ini membawa sejumlah perubahan dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Karakter bentuk kap mesin, misalnya, mendapat sentuhan perubahan dan diperkuat dengan lapisan krom di bagian depannya.
Karakteristik sporty sedan ini diperkuat dengan perubahan desain gril pipih menyatu dengan lampu utama terbaru yang terkesan makin modern dan premium. Lampu utama kini terlihat semakin canggih menggunakan Bi-Beam projector (untuk tipe V), seperti pada Toyota Fortuner dan Sienta.
Sementara gril bagian bawah tampak mewah melalui bilah hitam memanjang yang dilengkapi lampu kabut. Tampilan lampu belakang pun berubah. Dari samping, perubahan utama terletak pada desain velg.
Baik tipe G maupun V, ternyata memiliki kesamaan dari aspek bodinya. Panjang kendaraan mencapai 4,62 meter, lebar 1,776 meter, dan tinggi 1,46 meter. Kapasitas tangki bensin pun sama-sama sebesar 55 liter.
Berada di dalam mobil ini, seorang kawan langsung berkomentar, ”Kok, tetap terasa klasik, ya, kabin mobil ini?” Rupanya, begitu memanfaatkan fitur-fitur audio-visualnya, ada nuansa modern yang mendapat sentuhannya.
Di sinilah baru terasa bagaimana Corolla ini sudah beranjak sangat jauh sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1966. Tren kebangkitan ekonomi Jepang saat itu adalah tiga kebutuhan primer masyarakat, yakni berupa penyejuk ruangan (AC), televisi berwarna, dan mobil.
Mobil pun masih sebatas alat untuk pendukung mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain. Tak selengkap saat ini dalam memanjakan pengemudi ataupun penumpangnya.
Bukan hanya itu. Namanya sedan, acap kali dipersepsikan sebagai kendaraan yang digunakan untuk kalangan eksekutif muda. Tak ingin sekadar mengemudi, tetapi sesekali ingin juga duduk di kursi belakang. Sentuhan klasik itu ditingkatkan dengan adanya fasilitas reclining seat. Kebetulan, saya sempat pula duduk di bagian belakang dan mengubah posisi jok bagian belakang agak sedikit mundur agar nyaman.
Sementara untuk fitur keselamatan, New Corolla Altis semakin lengkap dengan tujuh airbag, Vehicle Stability Control (VSC), dan Emergency Brake Signal (tipe V).
Tanpa terasa, saya pun sudah berada di kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk. Badan jalan yang sebagian besar terbuat dari paving block membuat gerakan mobil ini terombang-ambing. Namun, kestabilannya tetap terjaga.
Itulah perubahan minor yang dirasakan sepintas di sedan generasi ke-11 ini. Tak banyak perubahan, tetapi tak mengabaikan modernitasnya. Tak heran, Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto menyebut, Altis merupakan cikal bakal mobil legendaris yang tetap eksis. (OSA)
New Toyota Corolla Altis seri V 1.8 A/T