Mazda Berkomitmen Tingkatkan Layanan kepada Pelanggan
Oleh
Dahono Fitrianto
·3 menit baca
Pada momen Hari Pelanggan Nasional 2017, Senin (4/9) lalu, PT Eurokars Motor Indonesia selaku distributor resmi Mazda di Indonesia mengirimkan surat elektronik khusus kepada setiap pelanggan Mazda. Selain mengucapkan Selamat Hari Pelanggan Nasional kepada semua pelanggannya, Mazda juga mengingatkan bahwa kepuasan pelanggan hingga tingkat tertinggi menjadi inti dari nilai-nilai perusahaan yang bermarkas di Hiroshima, Jepang, tersebut.
Pernyataan dalam surel itu mengingatkan pada wawancara dengan Hiroshi Inoue, Managing Executive Officer, General Manager ASEAN Business Office Mazda Motor Corporation (MMC), di sela-sela pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada 10 Agustus silam.
Kala itu Inoue, yang didampingi CEO PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Roy Arman Arfandy, menekan komitmen MMC untuk terus melayani para pelanggan Mazda dan meningkatkan pelayanan bagi mereka di Indonesia. Inoue saat itu menjawab pertanyaan tentang masih ada keraguan sebagian konsumen otomotif di Tanah Air akan kelanjutan pelayanan Mazda setelah Mazda Motor Indonesia (MMI), selaku agen pemegang merek Mazda sebelum EMI, menghentikan operasi secara tiba-tiba akhir tahun lalu.
Menurut Inoue, penghentian operasi MMI waktu itu bukan karena Mazda hengkang atau kabur dari Indonesia. Alih-alih, itu adalah bagian dari strategi global MMC yang sejak tahun fiskal 2016 hingga 2018 mendatang tengah melakukan reformasi struktural fase kedua. ”Reformasi ini bertujuan memperkuat penjualan dan pelayanan di seluruh dunia. Salah satu elemen dari proses standar yang disusun di markas besar Mazda di Jepang adalah keterlibatan lebih dalam dari manajemen lokal (Mazda) di setiap negara berkaitan dengan kultur masyarakat setempat,” ujar Inoue.
Ia menambahkan, MMI dulu adalah anak perusahaan (subsidiary) dari MMC yang berpusat di Jepang dan berisi orang-orang Jepang di manajemennya. Sementara PT EMI adalah entitas bisnis lain yang berisi orang-orang Indonesia, termasuk para staf manajemen lokal dari MMI. Menurut Inoue, tingkat komunikasi EMI dengan MMC di Jepang hampir selevel atau bahkan lebih tinggi daripada era MMI. ”Jadi, daripada melanjutkan operasi MMI, lebih baik mitra lokal kami yang beroperasi,” ujarnya.
Pria yang berpengalaman dalam operasional Mazda Amerika Utara, ini, menambahkan, Eurokars Group sebagai induk perusahaan EMI telah lama menjadi mitra bisnis Mazda, yakni sebagai distributor tunggal di Singapura dan menjadi dealer Mazda di Australia. Di kedua negara tersebut, performa Eurokars diakui sangat bagus. ”Saya yakin Eurokars akan melakukan hal yang sama di Indonesia. Indonesia masih menjadi pasar yang sangat penting,” ucapnya.
Roy Arman Arfandy menambahkan, kinerja Mazda di bawah Eurokars di Singapura bahkan jauh lebih bagus dibandingkan dengan performa Mazda di Indonesia pada era MMI. ”Di Singapura dengan dua dealer saja, penjualan Mazda tahun lalu mencapai 7.000-an unit. Sementara di Indonesia yang punya 40 dealer, penjualannya cuma 5.000-an unit tahun lalu,” papar Roy.
Selain itu, lanjut Roy, pengalaman Eurokars memasarkan merek-merek premium, macam Porsche, Maserati, dan Rolls-Royce, juga menjadi nilai tambah untuk memasarkan Mazda di Indonesia. ”Tim kami semua orang lokal yang punya pengalaman soal sales di Indonesia sehingga kami bisa memberikan input lebih baik ke Mazda Jepang soal mobil apa yang sebaiknya dipasarkan di sini,” ucap Roy.
PT EMI langsung menggebrak dengan memasukkan berbagai model anyar Mazda sejak resmi beroperasi pada Maret 2017, diawali dengan peluncuran perdana Mazda CX-3. Kemudian, pada GIIAS 2017, Agustus lalu, diluncurkan All New Mazda CX-5. Hingga semester I-2018, EMI berencana meluncurkan line up lengkap produk Mazda, seperti Mazda6 Estate, Mazda MX-5 RF, Mazda3 Hatchback, dan New Mazda CX-9.
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.