Di Hong Kong bisa ditemukan 105 tujuan bersantap yang bersertifikat halal. Masjid bersejarah pun tak kalah memukau.
Oleh
DWI BAYU RADIUS
·3 menit baca
JAKARTA, KOMPAS – Hong Kong menggencarkan upaya menarik wisatawan Muslim Indonesia, antara lain, dengan hidangan halal, masjid bersejarah, dan konten media sosial. Para pemangku kepentingan juga diedukasi mengenai kebutuhan wisatawan Muslim.
Regional Director of Southeast Asia Hong Kong Tourism BoardLiew Chian Jia, di Jakarta, Rabu (27/3/2024), mengatakan, wisatawan Muslim Indonesia menjadi segmen yang penting. Populasi Indonesia sekitar 270 juta orang atau 40 persen dari jumlah penduduk Asia Tenggara.
Wisatawan Indonesia turut berkontribusi terhadap pertumbuhan turisme Hong Kong dengan destinasi uniknya. Pada tahun 2023, Hong Kong menyambut lebih dari 252.000 wisatawan Indonesia atau mencatat pemulihan sebesar 56 persen dibandingkan sebelum pandemi.
Dikomparasikan dengan periode yang sama, momentum positif itu berlanjut hingga Februari 2024 dengan jumlah wisatawan mencapai 101 persen. ”Jumlah tersebut menegaskan daya tarik Hong Kong sebagai destinasi memikat untuk wisatawan Indonesia,” ujarnya.
Saat ini, di Hong Kong bisa ditemukan 105 tujuan bersantap yang sudah bersertifikat halal dan terus bertambah. Sementara masjid bersejarah contohnya Jamia yang dibangun tahun 1840. Masjid tertua di Hong Kong yang berlokasi di pusat permukiman itu diperluas pada 1915.
Selain itu, terdapat Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre, Chai Wan Mosque, Stanley Mosque, dan Kowloon Mosque and Islamic Centre. Xiqu Centre, M+, hingga Hong Kong Palace Museum di pusat pertunjukan dan pameran West Kowloon Cultural District juga patut dikunjungi.
Avenue of Stars menjadi lokasi penghormatan untuk bintang-bintang film Hong Kong legendaris Jackie Chan, Andy Lau, Bruce Lee, dan Chow Yun Fat. Sejumlah destinasi lain ternama umpamanya Aqua Luna, Ocean Park, Ngong Ping 360, dan Tai Kwun.
Hong Kong Tourism Board juga menjalin kemitraan strategis dengan industri pariwisatanya untuk menjangkau konsumen Indonesia. Wisatawan muda dibidik dengan media sosial. Konten-konten kreatif dan relevan ditayangkan dengan Tiktok Trip to Hong Kong dan Throwback Campaign.
Pemengaruh seperti Marischka Prudence, Ucita Pohan, Yuda Bustara, Canny Claudya, Lusia Angelin, dan Tiffany Jolie juga digandeng. Hong Kong Tourism Board bekerja sama dengan mitra-mitra, misalnya maskapai penerbangan dan biro perjalanan, untuk meningkatkan inisiatif yang ramah terhadap wisatawan Muslim.
Presenter dan pemengaruh Dian Ayu (37) berkunjung ke Hong Kong bersama suami dan anak-anaknya pada Juli 2023. Ia langsung terpesona. ”Aku bareng keluarga (selebritas) Surya Insomnia dan Imam Darto ke Disneyland. Liburan empat hari,” katanya.
Dian menganggap tamasya sangat sebentar karena menemukan tujuan-tujuan lain yang ternyata tak kalah memukau. Istri aktor, komedian, dan pranatacara Ananda Omesh itu akan berwisata lagi untuk menikmati musim dingin pada akhir tahun 2024.
”Idealnya, paling enggak 10 hari. Kalau ke Hong Kong lagi, aku mau lihat masjid-masjid. Pasti punya keunikan masing-masing,” ucapnya. Jika lapar, ia pun tak khawatir karena banyak restoran di Hong Kong menyediakan hidangan halal.
Dian juga berencana mengunjungi Madame Tussauds Hong Kong karena anak-anaknya ingin berpose dengan pahlawan-pahlawan super Marvel. ”Aku pengin ke Peak Tram (kereta kabel tertua di Asia). Tipsku, pergilah saat hawanya sejuk supaya nyaman,” ujarnya.
Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya meluncurkan penerbangan dari Batam ke Kuala Lumpur, Malaysia, sejak Februari 2024. Rute yang ditempuh Batik Air itu menghubungkan berbagai tujuan populer internasional, termasuk Hong Kong.