logo Kompas.id
Politik & HukumCerita untuk Merawat Ingatan...
Iklan

Cerita untuk Merawat Ingatan Bersama

Oleh
· 5 menit baca
Kelompok pegiat literasi di Pontianak mulai tumbuh. Pustaka Rumah Aloy adalah salah satu yang aktif mendorong anggotanya  menulis dan menerbitkan buku dengan berbagai tema. Salah satu fokus Pustaka Rumah Aloy adalah menerbitkan buku-buku cerita rakyat  berbagai wilayah di Kalimantan Barat. Langkah ini   untuk menjaga tradisi sastra lisan yang banyak mengandung nilai moral seperti kesopanan, saling menghormati sesama, dan menghargai perbedaan. Pada 1 Maret lalu, anggota-anggota Pustaka Rumah Aloy berkumpul  dan berbagi cerita.
KOMPAS/NINA SUSILO

Kelompok pegiat literasi di Pontianak mulai tumbuh. Pustaka Rumah Aloy adalah salah satu yang aktif mendorong anggotanya menulis dan menerbitkan buku dengan berbagai tema. Salah satu fokus Pustaka Rumah Aloy adalah menerbitkan buku-buku cerita rakyat berbagai wilayah di Kalimantan Barat. Langkah ini untuk menjaga tradisi sastra lisan yang banyak mengandung nilai moral seperti kesopanan, saling menghormati sesama, dan menghargai perbedaan. Pada 1 Maret lalu, anggota-anggota Pustaka Rumah Aloy berkumpul dan berbagi cerita.

Beberapa relawan  Yayasan Pemadam Kebakaran Budi Pekerti di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berdiri di depan peralatan pemadam awal Maret lalu. Pontianak terkenal sebagai kota dengan jumlah pemadam kebakaran swasta terbesar di Indonesia. Oleh anak-anak muda, bentuk kerelawanan ini dijadikan simbol harmoni dan keberagaman.
KOMPAS/ANTONY LEE

Beberapa relawan Yayasan Pemadam Kebakaran Budi Pekerti di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berdiri di depan peralatan pemadam awal Maret lalu. Pontianak terkenal sebagai kota dengan jumlah pemadam kebakaran swasta terbesar di Indonesia. Oleh anak-anak muda, bentuk kerelawanan ini dijadikan simbol harmoni dan keberagaman.

Canopy Center, dahulu ruko kosong, sudah dua tahun terakhir disulap menjadi kafe, hostel, sekaligus tempat berkumpul anak-anak muda di sisi selatan Pontianak. Didesain minimalis dengan dominasi furnitur kayu, serta ruang yang terbuka, tempat ini menciptakan suasana yang asyik untuk duduk sambil baca buku, atau mengobrol. Di salah satu meja tidak jauh dari pintu masuk, awal Maret lalu, Deni menceritakan proyek film dokumenternya.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000