logo Kompas.id
Politik & HukumPelayanan Publik Pengadilan...
Iklan

Pelayanan Publik Pengadilan Masih Bermasalah

Oleh
Rini Kustiasih
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/AiU67g1461rQj3y2zu00HxGvkBk=/1024x649/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2Fkompas_tark_27917491_10_0.jpeg
Kompas

Catatan Akhir Tahun Ombudsman RIAnggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala, menjelaskan poin-poin pada catatan akhir tahun ORI di Jakarta, Jumat (30/12). ORI mencermati instansi di sistem peradilan kriminal (Kepolisian, Kejaksaan dan Lembaga Pemasyarakatan) masih terdapat ego sektoral, sehingga kelancaran tugas menjadi tersendat. Hal ini berakibat pada terhambatnya pelayanan publik yang baik.

JAKARTA, KOMPAS – Kualitas pelayanan publik menjadi kendala terbesar yang harus dihadapi oleh Mahkamah Agung dan pengadilan di bawahnya. Ombudsman Republik Indonesia menerima laporan yang nyaris tidak bergeser dari tahun ke tahun mengenai problem pelayanan publik tersebut. Sepanjang tahun 2017, ORI menerima 263 laporan masyarakat terkait dengan pengadilan dan pelayanannya.

Tiga problem utama yang paling sering dilaporkan publik ialah penundaaan putusan dan penanganan perkara yang berlarut-larut, penyimpangan prosedur, serta lemahnya kompetensi aparat pengadilan.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000