logo Kompas.id
Politik & HukumLayanan Cepat Mengurangi Niat ...
Iklan

Layanan Cepat Mengurangi Niat Suap

Oleh
Nina Susilo
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/hJ92t1CG7XTJIl1Aiu8rwaMEfRw=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2FDF783618-65B3-43E3-87F1-F08F82AF3975_1544439761.jpeg
KOMPAS/NINA SUSILO

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Senin (10/12/2018) di Jakarta. Kedua kementerian ini bersama lima instansi lain dinilai sudah menerapkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi/wilayah birokrasi bersih melayani di jajarannya.

JAKARTA, KOMPAS – Pembenahan layanan birokrasi menjadi keharusan. Sebab, ketika layanan sulit dan lambat, masyarakat seakan dipaksa untuk menyuap. Masyarakat tak perlu memberi suap bila layanan birokrasi cepat, mudah, dan sederhana.

Wakil Presiden Jusuf Kalla secara sederhana menjelaskan kenapa korupsi selalu melibatkan pengusaha dan aparat birokrasi. Pengusaha mengutamakan kecepatan. Ketika layanan perizinan misalnya dilakukan secara lambat dan rumit, akhirnya pengusaha memilih membayar suap untuk mempercepat dan mempermudah proses.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000