logo Kompas.id
Politik & HukumKampanye Membahas Isu...
Iklan

Kampanye Membahas Isu Strategis Harus Diupayakan

Oleh
Antony Lee
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/a_H4pKtg2bGtdOy4Zu9_1fyQrbk=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2F20181213_115454_1544710142.jpg
KOMPAS/ANTONY LEE

Dari kiri ke kanan, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi Titi Anggraini, pengajar FISIP UIN Jakarta Ali Munhanif, peneliti politik senior LIPI Syamsuddin Haris, dan peneliti Populi Center Afrimadona berbicara dalam diskusi Evaluasi Politik Tahun 2018 dan Proyeksi Politik Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS – Selama dua bulan masa kampanye Pemilu 2019 berlangsung, pembahasan isu-isu strategis di ruang publik masih sangat minim. Narasi kampanye justru didominasi oleh wacana politik identitas serta hal-hal yang tak substantif. Karena itu, perlu ada upaya bersama untuk mengarahkan diskursus ke isu-isu penting yang menyangkut masyarakat.

Isu strategis yang penting untuk dibahas meluas di ruang publik oleh para peserta pemilu itu antara lain terkait dengan masalah korupsi yang terus terjadi, politik luar negeri, relasi pusat dan daerah, serta lingkungan hidup. Isu-isu ini dianggap masih sepi dari topik kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000