logo Kompas.id
RisetPDI-P dan Ideologi (2):...
Iklan

PDI-P dan Ideologi (2): Adaptasi dan Transformasi

Oleh
Sultani
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/AU6lyToOYkB1Zf2Oa9pFzH6UAYU=/1024x711/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F09%2F5.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik di depan ribuan simpatisan PDI-P dalam kampanye calon wali kota Surabaya, Bambang DH, dan calon wakil wali kota Surabaya, Arif Affandi, di GOR Pantjasila Surabaya, Minggu (19/6/2005).

Tahun 1946 merupakan fase baru dalam perkembangan PNI yang ditandai dengan berfusinya Serikat Rakyat Indonesia atau Serindo dengan jaringan PNI di beberapa daerah ke dalam satu wadah politik. Peristiwa yang terjadi pada 29 Januari 1946 ini sekaligus menandai perubahan nama dan wadah perjuangan kelompok-kelompok nasionalis tersebut menjadi Partai Nasional Indonesia atau PNI.

PNI baru ini mencoba mengadopsi dan mewarisi semua ideologi dan gagasan Marhaenisme PNI Soekarno tahun 1927.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000