logo Kompas.id
RisetRespons Positif Transaksi...
Iklan

Respons Positif Transaksi Nontunai

Oleh
Andreas Yoga Prasetyo
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3V6YZ3pgG7f7MgSErOAKgM8iRCs=/1024x682/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F10%2F0-1.jpg
Kompas/Hendra A Setyawan (HAS)

Petugas menawarkan kartu pembayaran tol elektronik (e-tol) kepada pengguna jalan di gerbang tol Cibubur, Jakarta, Minggu (17/1/2016). Berdasarkan data PT Jasa Marga baru 13-14 persen pengguna yang menggunakan pembayaran tol secara elektronik saat itu. Kementerian BUMN sebenarnya menargetkan hingga akhir 2016, seluruh jalan tol sudah menggunakan e-tol dan baru mulai digencarkan di akhir tahun ini.

Pemerintah menargetkan transaksi pembayaran di semua gerbang tol ditargetkan bisa dilakukan secara nontunai pada Oktober 2017. Menurut pemerintah, penerapan transaksi nontunai di semua jalan tol akan meningkatkan efisiensi waktu pembayaran, meningkatkan kapasitas gardu tol, membuat beban kerja karyawan yang biasa melayani transaksi lebih manusiawi, dan menghilangkan kerumitan mengelola uang tunai di gardu tol.

Hasil jajak pendapat Kompas merekam apresiasi publik terhadap rencana kebijakan pemerintah ini. Sebagian besar responden (67 persen) menyatakan setuju terhadap rencana pemerintah memberlakukan transasksi nontunai tersebut. Respons positif ini diungkapkan baik oleh responden yang berusia muda (17-30 tahun), dewasa (31-50 tahun), maupun tua (di atas 51 tahun). Dari tiga kategori usia ini, proporsi terbesar yang setuju dengan kebijakan pemerintah adalah responden yang berusia muda (71,4 persen).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000