logo Kompas.id
RisetPisau Bermata Dua Harbolnas
Iklan

Pisau Bermata Dua Harbolnas

Oleh
Gianie
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XYuChhszetsJ2itrLwFZr1JXwoY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F12%2F20181212_HARBONAS_A_web_1544617246.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO

Kesibukan di layanan call center e-dagang Jd.id pada pelaksanaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (12/12/2018). Festival berbelanja daring terbesar di Indonesia ini menargetkan transaksi sebesar Rp 7 triliun.

Salah satu transformasi terbesar di era revolusi industri 4.0 saat ini bisa dilihat dari terbentuknya sistem ekonomi digital yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi. Hari Belanja Online Nasional hadir merayakan buah dari transformasi ini.

Dalam rantai perubahan, konsumen terbukti mampu dengan cepat beradaptasi. Namun, seberapa cepat produsen di dalam negeri bisa beradaptasi dengan perubahan digital tersebut masih menjadi perhatian bersama. Jika tidak diantisipasi, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan menjadi pisau bermata dua. Ia bisa menguntungkan konsumen, juga bisa merugikan produsen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000