logo Kompas.id
RisetMenelaah Transformasi Digital ...
Iklan

Menelaah Transformasi Digital UMKM

Usaha mikro, kecil, dan menengah harus naik kelas. Pemasaran produk UMKM perlu memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung visi ekonomi menuju pertumbuhan berkualitas, inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing.

Oleh
Wirdatul Aini
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/H0dycDQgnZhXDf-ERou1DL_fAbU=/1024x1024/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F02%2FEkonomi-Digital-dan-Perkembangan-UMKM_87245920_1581520435.jpg
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI) 29-10-2019

Pengemudi ojek daring memeriksa pesanan makanan pelanggan di Grab Kitchen Tendean, Jakarta Selatan, Oktober 2019.

Usaha mikro, kecil, dan menengah berperan dominan dalam perekonomian Indonesia. Kontribusi UMKM dalam produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai lebih dari separuhnya. Besarnya kontribusi tersebut berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, bahkan dapat menurunkan angka kemiskinan.

Peranan dominan lain dari UMKM tak lain mencerminkan kekuatan ekonomi. Sektor riil yang digerakkan UMKM dapat menjadi bantalan krisis ekonomi. Sektor ini mampu bertahan dalam krisis sehingga menyelamatkan negara dari keterpurukan ekonomi yang lebih dalam.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000