logo Kompas.id
RisetSeberapa Akuntabel Rating...
Iklan

Seberapa Akuntabel Rating Program Televisi?

Tayangan televisi kita masih banyak dipengaruhi rating yang sebagian besar didominasi tontonan yang jauh dari tuntutan, belum mengedepankan aspek budaya yang lebih penting untuk membangun mental generasi masa depan.

Oleh
Topan Yuniarto
· 6 menit baca

Selama Ramadhan, tayangan menjelang buka puasa dan sahur menjadi program yang paling banyak ditonton pemirsa. Ukuran kepemirsaan salah satunya menggunakan rating dan share. Meskipun demikian, angka rating dan share belum tentu menggambarkan kualitas tontonan.

https://cdn-assetd.kompas.id/jZm6Nb-Ebti96e7L0WWzL19uw7Q=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2Fkompas_tark_18961314_105_0.jpeg
Kompas

Tayangan siaran langsung pertandingan sepak bola di liga-liga Eropa dapat dinikmati dengan mudah oleh masyarakat Indonesia melalui layanan televisi berbayar. Berdasarkan pengamatan Nielsen, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, program tayangan televisi yang paling banyak ditonton pemirsa adalah siaran olahraga, khususnya sepak bola.

Rilis terkini Nielsen (12/5/2020) menyebutkan, terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam hal mengonsumsi media. Sejak diberlakukannya kebijakan work from home (WFH) akibat pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kepemirsaan TV naik lebih tinggi dengan rata-rata 12 persen dari periode normal sebelum pandemi virus korona.

Editor:
yohanwahyu
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000