logo Kompas.id
RisetMemotret Pola Konsumsi Baru...
Iklan

Memotret Pola Konsumsi Baru Sesudah Lebaran

Di tengah pandemi Covid-19, konsumsi masyarakat berubah. Hal ini perlu direspons secara tepat oleh dunia usaha.

Oleh
Antonius Purwanto
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/rMideDIzZ-oVSyjhQlWYBMluTP0=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2Fb5bbe912-42e9-46a0-a88b-7f4addcc79de_jpg.jpg
Kompas/Wawan H Prabowo

Kasir melayani konsumen di pasar swalayan Hari Hari Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (21/5/2020).

Pasca-Lebaran, konsumsi masyarakat akan berlanjut dengan perubahan pola belanja dan tantangan finansial baru seiring pandemi Covid-19. Sejalan dengan tekanan finansial yang terjadi, masyarakat akan makin sensitif terhadap harga produk, dan mereka juga makin mencermati kualitasnya.

Berbagai bentuk pembatasan, baik aktivitas penduduk maupun kegiatan usaha di berbagai belahan dunia akibat pandemi Covid-19, mengubah drastis kondisi finansial masyarakat. Seluruh sendi kehidupan masyarakat di Tanah Air kini terdampak wabah Covid-19.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000