logo Kompas.id
RisetMemaknai Nada Pemberitaan...
Iklan

Memaknai Nada Pemberitaan Covid-19

Berbagai surat kabar menempatkan berita Covid-19 sebagai laporan utama di halaman 1. Sebagian besar menampilkan nada pemberitaan positif guna mendukung pemerintah mengatasi pandemi, tetapi tak sedikit yang mengkritik.

Oleh
Topan Yuniarto
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/T6Tk0n6T2beg2IAcLUGEadmlmKU=/1024x461/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F20200603ATO-B_1591191965.jpg
KOMPAS/A TOMY TRINUGROHO

Sejumlah surat kabar edisi Rabu (3/6/2020), di Jakarta.

Halaman satu surat kabar hampir setiap hari mengulas perkembangan, kebijakan, dan solusi terkait pandemi Covid-19. Secara umum, “tone” berita atau nada pemberitaan Covid-19 di surat kabar relatif positif, tetapi tak sedikit pula negatif.

Hasil analisis isi oleh Litbang Kompas terhadap 647 berita tentang Covid-19 yang dimuat di halaman satu enam surat kabar (Kompas, Media Indonesia, Koran Tempo, Republika, Koran Sindo, dan Indopos), 2 Januari–31 Mei, menunjukkan pola agenda setting yang hampir sama pada setiap surat kabar dalam mengangkat isu persoalan. Artinya, penempatan persoalan pandemi Covid-19 sebagai tema utama pemberitaan menunjukkan sikap surat kabar yang sangat serius terhadap perkembangan dan upaya penanganan bencana kesehatan ini.

Editor:
A Tomy Trinugroho
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000