logo Kompas.id
TokohMasyarakat Biner Indonesia
Iklan

Masyarakat Biner Indonesia

Oleh
Mohammad Hilmi Faiq
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/AaL0indxsc1rdai7r66Bzl75uRA=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F08%2F69162331.jpg
KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ

Yasraf Amir Piliang

Media sosial memengaruhi pola pikir kita menjadi biner, hanya mengenal dua hal, hitam atau putih. Cara berpikir biner ini kemudian membuat kita terbelah karena hanya melihat seseorang sebagai lawan atau kawan. Pemilihan Presiden 2014 menegaskan hal tersebut. Kini, menjelang Pemilihan Presiden 2019, sepertinya hal itu kembali menguat.

Di sisi lain, banalitas dalam budaya pop semakin subur di era media sosial. Siapa saja bisa menjadi populer dengan segala konstruksi banal. Rupanya ini membuat banyak orang malas berpikir serius. Melupakan kedalaman.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000