Konsumen Makin Cerdas, Konten Daring Perlu Dioptimalkan
Oleh
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Konsumen otomotif di Indonesia belakangan ini makin cerdas. Sebagian besar dari para pembeli mobil baru saat ini melakukan survei dulu di internet sebelum memutuskan membeli sebuah mobil. Itu sebabnya, para produsen mobil perlu mengoptimalkan konten dalam jaringan (daring) mereka untuk memberi informasi sebanyak mungkin bagi konsumen.
Demikian terungkap dalam taklimat pers dan diskusi Automotive Insights 2017 yang digelar Google Indonesia di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/4). Hadir sebagai narasumber dalam diskusi itu adalah Amalia Fahmi, Industry Head Google Indonesia; Abraham Hutagalung, Industry Analyst Google Indonesia; dan Dimas Ibrahim Aska, Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor.
Menurut Amalia, pihaknya bekerja sama dengan sebuah lembaga survei melakukan survei daring terhadap 508 pembeli mobil baru pengguna internet di Indonesia pada pertengahan 2016. Para responden diambil dari berbagai latar belakang usia, jender, tingkat pendidikan, daerah asal, dan perilaku berinternet.
Hasil survei itu menunjukkan, sekitar 72 persen responden mengaku menghabiskan waktu sedikitnya dua bulan untuk memilih mobil yang paling tepat buat mereka. Selama dua bulan itu, mereka melakukan riset di internet untuk mencari berbagai informasi, seperti tawaran promo atau harga terbaik, mencari tahu tentang model mobil di luar yang tengah mereka incar, dan mencari lokasi dealer terdekat. Hampir seluruh tahapan riset itu mereka lakukan dengan menggunakan gawai seluler mereka.
Sekitar 98 persen responden juga mengaku memasukkan frasa "mobil terbaik" saat mulai mencari mobil yang mereka inginkan di mesin pencari (search engine). Kemudian 93 persen responden juga mencari penawaran terbaik dari produsen mobil yang hendak mereka beli.
Fakta lain yang menarik adalah 83 persen responden mengatakan, paparan tayangan video tentang mobil bisa mengubah pendapat mereka tentang mobil atau produsen mobil secara positif. Sementara 68 persen mengatakan, saat mencari video daring terkait mobil yang mereka cari, mereka terekspos pada video mobil-mobil yang sebelumnya tidak mereka pertimbangkan.
Pertimbangan utama
Secara umum, konsumen mobil di Indonesia juga masih mengambil keputusan membeli mobil berdasarkan tiga pertimbangan utama, yakni adanya promo penjualan, seperti diskon atau pemberian bonus (95 persen responden); harga jual mobil (42 persen), dan harga jual kembali mobil atau resale value (32 persen).
Terakhir, para konsumen mobil di Indonesia juga menginginkan proses pembelian mobil bisa dilakukan dengan nyaman dan tanpa kerumitan seperti saat mereka membeli produk-produk lain secara daring. Artinya, para konsumen mobil ini berharap bisa membeli mobil secara daring juga.
Amalia mengatakan, hasil survei ini memberikan sedikitnya tiga pesan penting bagi para produsen mobil di Indonesia. Pertama, mereka perlu membuat konten daring yang relevan dan bisa membantu konsumen yang tengah mencari informasi selangkap mungkin tentang mobil yang hendak mereka beli.
Kedua, para produsen ini juga perlu eksis di konten gawai mobil. Jadi, seandainya mereka membuat situs web resmi, hendaknya ada versi mobile-nya sehingga lebih mudah diakses para konsumen. "Situs web resmi ini hendaknya bisa menjadi semacam showroom yang buka 24 jam sebagai pengganti showroom asli yang dibatasi jam kerja," papar Amalia.
Ketiga, produsen mobil juga perlu memperhatikan pentingnya peran search engine dan konten video dalam mempromosikan produk mereka di internet. Salah satu hal penting yang bisa dilakukan adalah memasukkan informasi selengkap mungkin tentang dealer dan alamatnya sehingga memungkinkan ditampilkan di mesin pencari semacam Google dengan cepat dan tepat.
"Saat ini orang datang ke dealer sudah lebih berkualitas, dalam arti mereka sudah mendapat informasi tentang mobil di sana sebelumnya. Mereka sudah lebih mengerucut dan lebih siap membeli mobil dibanding dulu di mana orang datang ke dealer untuk sekadar cari informasi dulu. Saat ini, penjual mobil akan berhadapan dengan orang yang sudah siap dipengaruhi untuk membeli produk mereka," ujar Amalia.
Menanggapi hal itu, Dimas Aska dari Toyota Astra Motor (TAM) mengakui bahwa saat ini perilaku konsumen makin cerdas dalam menentukan pilihan. "Mereka sudah tidak lagi mencari (di search engine) tentang mobil terbaik atau harga termurah, tetapi juga mencari di mana lokasi service-nya, bagaiman resale value-nya, dan mereka juga mencari sebuah experience (tentang mobil yang hendak dibeli)," katanya.
Melihat hal ini, pihak TAM akan memaksimalkan segala peluang yang terbuka di dunia daring untuk lebih mendekatkan diri mereka dengan konsumen. "Bisa saja suatu saat nanti kami akan memberikan semacam pengalaman virtual reality bagi para calon konsumen sehingga mereka akan bisa merasakan duduk di dalam mobil tanpa harus hadir di dealer," ujar Dimas. (DHF)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.