logo Kompas.id
UtamaProses Klaim BPJS Kesehatan...
Iklan

Proses Klaim BPJS Kesehatan Perlu Dibenahi

Oleh
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CfQyf3hhU6o98HhsoihzfmoxeKI=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F10%2F482499_getattachmenta7542847-1f23-4c4c-b5f9-ae227d34f433473915.jpg
Kompas/Wawan H Prabowo

Warga menunggu giliran untuk menjalani pemberkasan di loket Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Pasar Rebo, Jakarta, Sabtu (28/10). Hingga 1 Oktober 2017, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat 182,03 juta penduduk atau sekitar 70 persen lebih dari jumlah total penduduk Indonesia.

MEDAN, KOMPAS — Rumah sakit mitra Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dapat menjalankan pelayanan efektif dan efisien jika sistem pembayaran klaim layanan berjalan lancar dan sederhana. Namun, hingga kini proses klaim masih berbelit, antrean verifikasi panjang, dan rumah sakit masih kerap salah mengajukan klaim.

Hal itu mengakibatkan pengeluaran rumah sakit kian besar. Sering sekali rumah sakit harus menambah modal untuk menanggung biaya operasional layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berbulan-bulan menanti klaim dari BPJS Kesehatan dicairkan. Sebagian klaim kadang tak bisa dicairkan karena ada kesalahan pengajuan klaim.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000