logo Kompas.id
UtamaMeraih Pelanggan Berbayar...
Iklan

Meraih Pelanggan Berbayar Butuh Waktu

Oleh
WISNU DEWABRATA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/yltCJ2aenJhvwsrbqBHdotvfAso=/1024x779/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F11%2F20171114-DWA-Seoul2.jpeg
KOMPAS/WISNU DEWABRATA

Editor suratkabar The New York Times Tim Herrera, Selasa (14/11), tengah memaparkan format pemberitaan inovatif, Jurnalisme Pelayanan, yang menurutnya juga menjadi salah satu andalan untuk menarik pembaca muda terutama yang bersedia berlangganan dan membayar konten-konten berita berkualitas dari platform digital suratkabar tersebut.

SEOUL, KOMPAS – Sebagai sebuah surat kabar berkualitas (quality newspaper) The New York Times diakui sukses mengembangkan model bisnis medianya, dari sebelumnya konvensional dan mengandalkan sekadar penjualan (tiras) dan pendapatan iklan cetak, menjadi sebuah surat kabar berbasis digital, yang juga mengandalkan pendapatan dari para pelanggan (subscriber).

Akan tetapi kondisi seperti itu dipahami telah melalui proses panjang, sejak awal The New York Times meluncurkan format digital berbasis pelanggannya sekitar tujuh tahun lalu. Saat ini total pelanggan konten berita berbayar surat kabar tersebut telah mencapai kisaran 3,5 juta pelanggan, dengan 2,5 juta pelanggan dari para pembaca untuk format digital.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000