logo Kompas.id
UtamaMasalah Palestina Isu...
Iklan

Masalah Palestina Isu Kemanusiaan  

Oleh
· 2 menit baca
Dari kiri, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Suud, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, Ketua Umum PGI Pendeta Henriette T Hutabarat, Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siroj, Ketua umum KWI Mgr Ignatius Suharyo, Perwakilan dari Matakin Peter Lesmana, dan Perwakilan dari Walubi Jandi Mukianto sebelum memberikan pernyataan sikap dari Forum solidaritas Lintas Agama untuk Kemanusiaan terkait klaim Presiden amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel yang dilaksanakan di Gedung PBNU, Jakarta,  Jumat (15/12). Selain menolak klaim tersebut, mereka juga meminta agar permasalahan Palestina dan Israel diselesaikan dengan cara damai.
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Dari kiri, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Suud, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, Ketua Umum PGI Pendeta Henriette T Hutabarat, Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siroj, Ketua umum KWI Mgr Ignatius Suharyo, Perwakilan dari Matakin Peter Lesmana, dan Perwakilan dari Walubi Jandi Mukianto sebelum memberikan pernyataan sikap dari Forum solidaritas Lintas Agama untuk Kemanusiaan terkait klaim Presiden amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel yang dilaksanakan di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (15/12). Selain menolak klaim tersebut, mereka juga meminta agar permasalahan Palestina dan Israel diselesaikan dengan cara damai.

”Palestina adalah masalah kemanusiaan, bukan masalah domestik Palestina atau Jordania. Bahkan, ini bukan hanya masalah Muslim. Muslim dan Kristen di seluruh dunia menentang,” ujarnya dalam diskusi masa depan Palestina, Jumat (15/12), di Jakarta. Diskusi yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) itu juga menghadirkan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair SM al-Shun.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj di tempat terpisah di Jakarta pada acara pernyataan sikap tokoh lintas agama dalam Forum Solidaritas Lintas Agama untuk Kemanusiaan. ”Yang terjadi di Palestina ini bukan masalah agama, melainkan pelanggaran hak asasi manusia, melanggar kedaulatan rakyat Palestina,” ujar Said.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000