JAKARTA, KOMPAS — PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia memiliki caranya tersendiri. Saat terminologi ”recall” lebih banyak dipakai, Honda justru memiliki pendekatan berbeda dalam mengumumkan perbaikan komponennya.
Honda menggunakan istilah kampanye product update (PUD). Sebagai tanggung jawab Honda dalam menjaga reputasi, terutama dalam hal keselamatan pengguna, ada komponen signifikan yang mesti dibenahi secara besar-besaran.
Hal yang perlu diperbaiki adalah komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman kendaraan untuk Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, Honda Brio tahun produksi 2014-2017, Honda Jazz tahun produksi 2014-2017, Honda HR-V tahun produksi 2014-2017, dan Honda BR-V tahun produksi 2015-2017.
Jumlah unit yang teridentifikasi dalam program ini sebanyak 463.891 unit di Indonesia. Honda Prospect Motor menjalankan kampanye untuk memastikan standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi pada seluruh produknya.
Kampanye ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem rem untuk melindungi keselamatan pengemudi dan/atau penumpang saat menggunakan kendaraan.
Proses pemeriksaan dan/atau penggantian komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda HR-V, dan Honda BR-V yang teridentifikasi dilakukan tanpa biaya apa pun.
Proses pemeriksaan dan/atau penggantian komponen ini berlangsung lebih kurang selama 1-2 jam. Masa kampanye PUD ini akan berjalan selama 6 bulan, mulai 26 Januari hingga 26 Juli 2018. Sementara masa perbaikan akan terus berlangsung walau masa kampanye telah selesai. Konsumen pun diharapkan dapat secepatnya menghubungi dealer resmi Honda untuk melakukan perbaikan.
Surat pemberitahuan langsung kepada pemilik mobil yang teridentifikasi sudah dilakukan. Konsumen juga dapat menghubungi dealer resmi Honda atau Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 setiap Senin-Jumat, pukul 09.00-17.00 WIB, untuk membuat janji (booking) pemeriksaan dan/atau penggantian komponen di mobilnya.
Informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi juga dapat dilihat di websitewww.honda-indonesia.com.
”Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi,” tutur Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor. (*)