logo Kompas.id
UtamaMerek Besar Mulai Perlu...
Iklan

Merek Besar Mulai Perlu Waspadai Merek Kecil

Oleh
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/tvjX12EezUc2cw0c8pi3yco85eA=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F01%2F406107_getattachment4a3df915-a283-44a5-bf06-50d70a0d3c6c397494.jpg
KOMPAS/DANU KUSWORO

Dua wisatawan asal Prancis menikmati aroma kopi yang telah di sangrai di Kafe Mane, salah satu tempat berkumpul penikmat kopi di kota Ruteng, Manggarai Timur. Kafe ini menyajikan kopi terbaik yang didapatkan dari petani di seputar Manggarai. Sebagian besar tamu di kafe ini adalan wisatawan asing yang singgah di Ruteng, dalam perjalanan mengunjungi tempat-tempat wisata di Flores.

Bertahun-tahun, merek-merek besar mendominasi pasar industri pangan. Namun, pelan-pelan merek baru dan berskala kecil memasuki pasar. Dengan teknologi digital, mereka berhasil merebut pasar karena model bisnis baru yang ditawarkan lebih efisien dalam menjangkau pasar.

Di Indonesia, pasar minuman kopi tampaknya mulai bergeser, dari semula kafe-kafe berjaringan internasional ke kafe-kafe kecil dan mandiri dengan segala keunikannya. Bahkan, di kota-kota kecil yang belum pernah ada kafe pun, kini banyak berdiri kafe yang buka hingga dini hari. Minuman kopi adalah salah satu pergeseran pasar dari semula hanya dipegang merek besar ke kafe-kafe lokal.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000