JAKARTA, KOMPAS — Tak selamanya industri otomotif hanya bisa berkutat pada ”menara gading” pengembangan teknologi walaupun suasana kompetisi inovasi antarindustri otomotif tak bisa dibendung untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tak selamanya pula saat industri otomotif sudah menciptakan produk, mereka terus-menerus pula disibukkan oleh strategi penjualan.
Sebagai upaya mewujudkan filosofi ”The Power of Dreams”, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe membawa impiannya untuk berbagi kepada masyarakat Indonesia tentang berbagai inovasi teknologi Honda. Hasilnya, selama tiga bulan ini, Honda Gallery dibangun di area Mal Senayan City, Jakarta, pada bulan April hingga Juni 2018.
Honda Gallery tidak hanya memajang produk-produk mobil yang diageni HPM di Indonesia, tetapi juga produk-produk sepeda motor Honda yang di Indonesia didistribusikan oleh PT Astra Honda Motor (AHM).
Watanabe menegaskan, Honda Gallery ini membawa mimpi-mimpi Honda untuk dibagikan kepada masyarakat Indonesia sebagai salah satu upaya branding. Sepuluh tahun lalu, Honda sudah menguji mobil autonomous atau mobil tanpa awak, mobil berefisiensi tinggi, baterai, dan mobil berteknologi hidrogen. Bahkan, Honda juga menciptakan sepeda motor dengan berbagai pengembangan teknologinya hingga pesawat jet dan peralatan pertanian.
”Kami ingin masyarakat Indonesia mengenal lebih jauh mengenai impian dan visi Honda dalam teknologi mobilitas yang membuat kehidupan manusia lebih mudah dan menyenangkan. Kami ingin mewujudkan impian melalui berbagai inovasi teknologi tinggi untuk mobilitas di darat, laut, hingga udara,” kata Watanabe di pembukaan Honda Gallery di Jakarta, Selasa (10/4/2018). Hadir pula Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma dan Senior Vice President PT Honda Prospect Motor (HPM) Benawati Abas.
Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy mengatakan, ”Ini adalah mimpi Takehiro Watanabe yang ingin di-share kepada masyarakat Indonesia. Karena itulah, dibawanya mobil dan sepeda motor berteknologi tinggi, serta inovasi teknologi personal yang disebut Uni-Cub. Bahkan, Uni-Cub ini bisa dicoba oleh pengunjung untuk benar-benar memberikan pengalaman teknologi Honda.”
Bagi Honda, konsep Honda Gallery ini diklaim sebagai pertama di dunia. Lalu mengapa hanya akan dibuka tiga bulan? HPM tentu akan melihat respons masyarakat terhadap kehadiran teknologi Honda ini. Apabila mendapatkan respons positif cukup besar, Honda akan menghadirkan konsep-konsep serupa di tempat lain.
Jonfis pun menegaskan, kehadiran Honda Gallery tidak akan terkait dengan target penjualan tertentu mengingat produk yang ditampilkan sangat fantastis, seperti supercar Honda NSX yang memadukan performa dan tampilan sporty dengan efisiensi mesin hybrid. NSX menampilkan warna eksterior terbaru serta detail eksterior dan interior yang memukau sebagai sebuah supercar.
Selain itu, Honda Civic Type R sebagai model mobil sport legendaris. Honda Type R yang diluncurkan di Indonesia merupakan pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic. Produk yang satu ini sudah dipasarkan di Indonesia dan cukup mendapatkan respons pasar yang positif.
Penampilan tak kalah menarik adalah kehadiran sepeda motor Honda RC213V-S yang menjadi tunggangan pebalap tim Repsol Honda pada ajang balap motor tertinggi, MotoGP. Sebagai motor prototipe dari Honda RC123V, produk ini memiliki konfigurasi mesin serupa, yakni mengusung mesin DNA balap V-4.
Toshiyuki Inuma mengatakan, ”Honda berusaha menyenangkan masyarakat Indonesia melalui desain produk dan pengembangan teknologi yang terinspirasi oleh produk-produk canggih. Dengan semangat Satu Hati, kami ingin selalu bersama konsumen dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka.”
Rupanya, hal itu merupakan semangat tersendiri bagi Honda. Honda tidak akan berhenti untuk mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia.