logo Kompas.id
UtamaKualitas Layanan untuk Peserta...
Iklan

Kualitas Layanan untuk Peserta JKN Belum Optimal

Oleh
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/9YyvhiAPLWbzDcCmAagnEPuW_vQ=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F11%2F20171122H_ENGLISH-BPJS_A_web.jpg
Kompas/Wawan H Prabowo

Warga menunggu giliran untuk menjalani proses pemberkasan di loket Badan Penyenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Pasar Rebo, Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS — Pelayanan kesehatan merupakan inti dari jaminan kesehatan. Akan tetapi, di lapangan, akses pada fasilitas kesehatan yang terbuka karena program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat belum disertai dengan mutu layanan prima yang diberikan.

Hal itu mengakibatkan munculnya beragam keluhan peserta JKN. Contohnya, penetapan kuota peserta JKN yang dilayani rumah sakit, pembatasan waktu layanan bagi pasien JKN, peserta kesulitan mencari ruang perawatan intensif, peserta harus membeli obat, hingga menanti berbulan-bulan untuk mendapat tindakan medis.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000