Menguji Dua Varian DFSK Glory 580 Sebelum Peluncuran Resmi
Oleh
Dahono Fitrianto
·2 menit baca
DFSK Glory 580, pendatang baru SUV urban yang lahir di negeri China, akhirnya akan diluncurkan secara resmi di pasar Indonesia pada Kamis (19/7/2018) besok.
Peluncuran resmi ini juga akan dibarengi dengan perkenalan brand ambassador mobil berkapasitas 7 tempat duduk tersebut. Siapa sosoknya masih dirahasiakan. Namun berdasarkan informasi yang beredar, dia adalah seorang penyanyi yang dinamis dan tengah merambah karier internasional.
Walau demikian, peluncuran ini bukan merupakan penampilan perdana Glory 580 di hadapan publik Indonesia. Dalam beberapa kesempatan pameran, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 bulan April lalu, mobil ini sudah dipajang dan bahkan sudah bisa dipesan masyarakat.
Kompas sendiri mendapat kesempatan melihat proses produksi mobil yang sudah dirakit lokal ini di pabrik PT Sokonindo Automobile (agen pemegang merek DFSK di Indonesia) di Cikande, Serang, Banten, Maret 2018.
Tidak hanya melihat, tetapi Kompas juga mendapat kesempatan mencicipi mobil tersebut dengan berputar-putar di dalam kompleks pabrik.
Eksplorasi tuntas
Namun, kesempatan mengeksplorasi tuntas Glory 580 baru datang beberapa bulan kemudian. Kesempatan pertama saat Kompas mengikuti media test drive dari Purwakarta ke Bandung, Jawa Barat, pada 5-6 Juni 2018.
Waktu itu kami mendapat kesempatan menjajal varian Glory 580 1.5T bertransmisi CVT dengan tipe Comfort. Seperti diketahui, mobil ini ditawarkan ke pasar dalam empat varian yang dibagi dalam tipe standar (Comfort) dan tipe lengkap (Luxury).
Tipe Comfort terdiri dari varian bermesin 1.8 liter tanpa turbo dengan transmisi manual 5 tingkat percepatan dan varian bermesin 1.5 liter turbo dengan transmisi CVT.
Di atasnya ada tipe Luxury, yang semuanya membawa mesin 1.5 liter turbo. Tersedia dua pilihan transmisi, yakni manual 6 tingkat percepatan dan transmisi CVT.
Uji performa mesin dan transmisi dilakukan di sepanjang Tol Purbaleunyi hingga Bandung yang memiliki variasi kontur medan. Transmisi CVT pada Glory 580 ini bisa dioperasikan dalam mode manual. Berbagai fitur di tipe Comfort juga dieksplorasi.
Beberapa minggu kemudian di Jakarta, Kompas mendapat kesempatan menjajal varian bertransmisi manual pada tipe lebih tinggi, yakni Luxury. Perbandingan langsung pun didapatkan antara varian 1.5T CVT Comfort dan 1.5T Manual Luxury.
Berdasarkan dua pengujian ini, Glory 580 membawa berbagai kejutan dalam hal fitur, performa, dan janji layanan purnajualnya. Salah satunya yang sudah banyak diketahui adalah keberanian menerapkan garansi menyeluruh selama 7 tahun atau 150.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dulu).
Seperti apa detail uji kendara dan eksplorasi DFSK Glory 580 ini? Simak laporan Tim Kendara Kompas di harian Kompas edisi Kamis (19/7/2018) dan Kompas.id!