logo Kompas.id
UtamaRevolusi Perbaikan Belum...
Iklan

Revolusi Perbaikan Belum Selesai

Oleh
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/2xklFxjbkt_976sdFyiCafVPZe8=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2F20180722_ENGLISH-PERIZINAN_B_web.jpg
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Petugas melayani warga di Mal Pelayanan Publik di Kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat (20/7/2018). Mal ini menyediakan 329 jenis layanan, 269 diantaranya di bawah kewenangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta.

Sepuluh tahun lalu, Hasstriasnyah memendam kesal tak terkira. Pengusaha jasa perjalanan wisata ini harus menghadapi birokrasi Jakarta yang berbelit. Layanan perizinan bagai "ruang" tanpa standar yang jelas.

“Untuk mengurus izin usaha susah dan mahal. Banyak institusi pemerintah yang harus saya datangi, jika ingin cepat terpaksa pakai calo perizinan,” kata Yansah, panggilan akrab lelaki asal Sumatera Selatan ini, Jumat (20/07/2018) di Jakarta.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000