logo Kompas.id
UtamaMengejar ”Cuan” di Balik...
Iklan

Mengejar ”Cuan” di Balik Status ”Unicorn”

Oleh
CAECILIA MEDIANA
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/wX2_Xg5rp5p2ABfLOchuGIShTRI=/1024x507/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F07%2F20180703_1849491.jpg
KOMPAS/IGA BAGUS ANGGA PUTRA

Suasana kegiatan Halal Bibalal Bukalapak, Selasa (3/7/2018), di Jakarta. Bukalapak menjadi salah satu unicorn asal Indonesia, yaitu perusahaan rintisan teknologi yang valuasinya sudah mencapai di atas 1 miliar dollar AS.

Menyandang gelar unicorn, siapa pengusaha perusahaan rintisan teknologi yang tidak mau? Investor ventura juga berlomba-lomba menginginkan perusahaan yang telah mereka suntikkan dana mengejar status perusahaan 1 miliar dollar AS. Bahkan, Pemerintah Indonesia rela turut campur tangan ingin mencetak pemain baru melalui program Nexticorn.

Unicorn merupakan gelar yang disematkan kepada perusahaan rintisan bidang teknologi yang memiliki nilai valuasi (nilai sebuah perusahaan, bukan sekadar hasil pendanaan) lebih dari 1 miliar dollar AS.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000