JAKARTA, KOMPAS - Untuk menangkap momentum Asian Games, Dinas Pariwisata DKI Jakarta menyiapkan beberapa tur untuk tamu dan delegasi Asian Games ke pusat perbelanjaan. Rute wisata belanja tersebut meliputi Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Plaza Senayan, dan Senayan City.
Humas Grand Indonesia (GI) Annisa Hazarini menjelaskan wisata belanja untuk tamu Asian Games dimulai berlangsung mulai 19 Agustus-1 September. Wisatawan terutama atlet akan dijemput oleh bus transjakarta dari Wisma Atlet menuju destinasi wisata belanja. Adapun FJGS sudah dimulai sejak 12 Agustus lalu sampai awal September.
Berdasarkan informasi dari Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc), rute wisata belanja adalah wisma atlet-Grand Indonesia-Plaza Indonesia-Plaza Senayan-Senayan City-Monas-dan pusat produk Usaha Mikro Kecil Menengah Smesco. Manajemen GI menargetkan, dua acara itu dapat meningkatkan omzet mal 10-15 persen.
“Pada akhir pekan, rata-rata pengunjung kami sudah mencapai 70.000-75.000 orang per hari. Pada saat wisata belanja Asian Games dan FJGS ini, pemilik gerai memberikan diskon hingga 70 persen,” ujar Annisa,
Di Grand Indonesia, terdapat 350 gerai yang tersebar di sisi timur dan sisi barat mal. Pihak mal juga mengadakan berbagai diskon menarik untuk pengunjung di antaranya marathon belanja, undian berhadiah mobil Lexus, hingga permainan bola basket di jembatan penyeberangan dengan hadiah kupon belanja hingga Rp 500.000.
Selama wisata belanja, pihak mal mengantisipasi adanya peningkatan pengamanan dari luar hingga di dalam mal. Pengunjung termasuk tamu-tamu Asian Games dari luar negeri diharapkan merasa nyaman berwisata belanja di pusat perbelanjaan di Jakarta.
Di Lenggang Jakarta Monas, salah satu rute dalam wisata belanja Asian Games ini, juga terdapat 120 pedagang UMKM yang mendirikan stan. UMKM tersebut memasarkan produk-produk suvenir khas Betawi seperti tas, gantungan kunci, dan cemilan khas Betawi. Mereka akan berjualan dari tanggal 21 Agustus-31 Agustus.
Sementara itu, mal di daerah Jakarta Selatan, Pondok Indah Mall juga ikut berpartisipasi dalam FJGS 2018. PIM sudah melakukan berbagai promosi yaitu memasang spanduk dan pengumuman melalui sosial media. Namun, hingga akhir pekan lalu, tercatat pengunjung yang masuk ke PIM masih seperti hari-hari biasa. Manager dan Humas PIM Pandu mengatakan, belum terlihat ada peningkatan pengunjung mal selama penyelenggaraan FJGS 2018 ini.