logo Kompas.id
UtamaData Martabak
Iklan

Data Martabak

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/vuPHfF7ApnbRlPtkqvEwXdCSe4Q=/1024x576/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F09%2F439341_getattachment34f2d4d5-b504-4118-a00f-4ef0eeb3cc3d430727.jpg
Kompas/Yuniadhi Agung

Ilustrasi _ Aktifitas di kantor Dattabot, Jakarta, Rabu (10/5). Perusahaan ini mengolah big data untuk dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan.

Go-jek menyebutkan, melalui aplikasinya untuk pengiriman makanan yaitu Go-food, diketahui martabak adalah makanan yang tergolong banyak dipesan. Data tahun 2016 menyebutkan martabak yang dikirim ke pelanggan hingga 3 juta loyang. Jumlah yang tidaklah kecil. Apa yang bisa dipelajari dari data itu untuk kepentingan yang lebih besar? Apa pula yang bisa diketahui di balik seperti data martabak itu?

Pada masa lalu, peneliti membuat kerangka riset, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan untuk mengetahui sebuah fenomena. Kini, data itu melimpah dan berserakan. Informasi penting tersembunyi di dalam data itu. Untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat di balik jutaan data, maka harus dilakukan analisis yang memadai. Di samping itu, korelasi antara data itu dengan fenomena lain perlu dicari.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000