logo Kompas.id
UtamaLayanan Publik Berinovasi
Iklan

Layanan Publik Berinovasi

Oleh
Albertus Krisna/ Litbang Kompas
· 3 menit baca

Kesimpulan tersebut terekam dalam hasil jajak pendapat Kompas pertengahan Agustus. Hampir separuh warga yang pernah mengurus berkas mengakui perbaikan kualitas layanan publik. Sebanyak 52,1 persen responden merasa puas terhadap pelayanan ini.

Kepuasan warga atas perbaikan layanan publik ini buah dari proses panjang. Perbaikan layanan perizinan di Jakarta dirintis sejak 2013 ketika pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) menjadi lembaga mandiri.

Melalui sistem itu, beragam perizinan diurus di satu tempat. Sebelumnya, banyak perizinan dan nonperizinan (PNP) dilimpahkan ke dinas terkait. Akibatnya, pengurusan perizinan lama dan mahal.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000