logo Kompas.id
UtamaPerjalanan Konsumen
Iklan

Perjalanan Konsumen

Oleh
ANDREAS MARYOTO
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/G1xS5R9JsejdVeVqUqbAW4_0Ewg=/1024x555/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F10%2F20180620teknologi1-1.jpg
AFP

(Ilustrasi) Teknologi digital

Perjalanan konsumen (customer journey) untuk mengenali dan membeli produk adalah isu lama. Akan tetapi, ketika muncul teknologi digital, perjalanan yang semula tunggal atau tak terlalu banyak jadi sangat banyak dan melalui berbagai kanal. Usaha rintisan mungkin mudah sekali melakukan inovasi layanan karena bentuk organisasinya langsung menyesuaikan, tetapi tidak mudah bagi perusahaan mapan membangun paradigma dan organisasi baru sehingga bisa dengan mudah menjangkau konsumen melalui berbagai kanal.

Sepuluh tahun lalu, perusahaan hanya mengandalkan penjualan langsung sehingga konsumen mendapatkan produk melalui 1-2 kanal. Dengan teknologi digital, perjalanan konsumen bisa melalui berbagai kanal, seperti laman internet, surat elektronik, pusat panggilan, laman e-dagang, media sosial, dan event. Perusahaan mapan mungkin sudah melakukan inovasi. Namun, ternyata tak cukup bila hanya memiliki kanal-kanal tambahan untuk memantau perjalanan konsumen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000