logo Kompas.id
UtamaCaleg Manfaatkan Data Medsos
Iklan

Caleg Manfaatkan Data Medsos

Oleh
A Ponco Anggoro dan Agnes Theodora
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/oZDnjnVbWyug7E3myNG1Y93yxt4=/1024x691/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2Fkompas_tark_28140590_18_0.jpeg
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Warga membubuhkan cap tangan saat sosialisasi dan deklarasi Masyarakat Indonesia Anti Hoax di Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta, Minggu (8/1/2017). Deklarasi yang juga dilakukan di lima kota lainnya di Indonesia itu bertujuan untuk membersihkan media sosial dari berita bohong alias Hoax.

JAKARTA, KOMPAS – Pemilihan Umum 2019 yang diprediksi semakin ketat membuat strategi kampanye bergeser dari pendekatan berbasis massa menjadi personal. Di masa kampanye ini, beberapa calon anggota DPR memanfaatkan dan mengolah data masif pengguna media sosial. Dengan metode kampanye itu, penyampaian pesan kampanye ke pemilih diyakini lebih personal, terarah, dan efektif.

Salah satu partai politik yang mulai menerapkan strategi ini di Pemilihan Umum 2019 adalah Partai Golkar. Dalam pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Partai Golkar di Jakarta, 20 Oktober 2018 lalu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan, Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar sedang mengkaji metode baru dalam kampanye politik, yaitu microtargeting atau penargetan spesifik.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000