logo Kompas.id
UtamaDalam Era Ekonomi Digital,...
Iklan

Dalam Era Ekonomi Digital, Layanan Perbankan Masih Diandalkan

Oleh
ADHI KUSUMAPUTRA
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/SjcBKbFgus23KVdUsDrRvoKP4OM=/1024x497/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2F20181114_124036_1542197642.jpg
ERIKA KURNIA UNTUK KOMPAS

Para narasumber berfoto seusai dialog publik bertajuk ”Inovasi Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital” di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS — Penetrasi teknologi finansial, yang mendukung pembayaran digital, perlu ditingkatkan untuk menaikkan inklusi keuangan di Indonesia. Namun, hal tersebut terkendala pemanfaatan layanan keuangan konvensional, terutama melalui perbankan, yang masih mendominasi.

Berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penggunaan jasa keuangan atau inklusi keuangan di Indonesia baru mencapai 63 persen penduduk sampai akhir 2017. Dari tingkat inklusi tersebut, 79 persen layanan keuangan masih didominasi perbankan. Sementara pada 2019, pemerintah menargetkan inklusi keuangan naik ke angka 75 persen.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000