logo Kompas.id
UtamaDiaspora Indonesia Bidik...
Iklan

Diaspora Indonesia Bidik Potensi Waralaba Nasional

Oleh
B Josie Susilo Hardianto
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/0fZv_OOX4qStDK7ondlvn3x7TSQ=/1024x497/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F11%2F9582D0A2-CDE9-49E2-829F-84505A4B6761_1542713263.jpg
KBRI SEOUL

Diaspora Indonesia yang antara lain terdiri dari pekerja migran Indonesia dan mahasiswa asal Indonesia, Minggu (18/11/2018), mengikuti seminar tentang waralaba nasional di Busan, Korea Selatan.

SEOUL, SELASA — Diaspora adalah salah satu kekuatan yang memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan jejaring nasional dan dalam kerja sama antarnegara serta kawasan. Dalam sebuah pernyataan pers yang dipublikasikan Kedutaan Besar RI untuk Korea Selatan, Selasa (20/11/2018), disebutkan, dalam dunia bisnis, konsep waralaba memang terhitung cukup menggiurkan, terutama bagi pemain pemula.

Waralaba dinilai menjanjikan sebuah usaha cepat dikenal, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut juga jauh lebih sedikit. Konsep inilah yang coba ditawarkan di Korea Selatan, khususnya kepada diaspora Indonesia yang sudah lama menetap di negara itu, termasuk para pekerja migran Indonesia (PMI) dan pelajar Indonesia. Pengenalan itu dilakukan lewat seminar kewirausahaan yang digelar pada Minggu (18/11) di Busan, Korsel. Seminar itu merupakan bagian dari program pendampingan waralaba nasional.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000