JAKARTA, KOMPAS — Banyak perusahaan penyedia layanan jual beli daring atau e-commerce terus berkembang di Indonesia karena minat belanja daring masyarakat yang terus meningkat. Agar bisa meraih perhatian di tengah persaingan, perusahaan e-commerce menawarkan berbagai promo. Momen akhir tahun pun dimanfaatkan sebagai ajang memberikan berbagai promo.
Menurut survei Katadata Insight Center yang bekerja sama dengan Shopback Indonesia pada November 2018, sekitar 40 persen masyarakat senang mengikuti festival belanja. Dari total 508 responden yang biasa belanja di platform e-commerce, 43 persen senang mengikuti festival belanja. Sebanyak 5 persen di antara mereka mengikuti festival, seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember (Kompas.id, 13/11/2018).
Akhir tahun kali ini, Harbolnas memberikan tawaran diskon hingga 90 persen. Ada lebih dari 300 peserta yang ikut pada Harbolnas ketujuh ini. Mereka merupakan penyedia layanan jual beli daring dan e-commerce (Kompas.id, 13/11/2018).
Di luar Harbolnas, salah satu perusahaan e-commerce, Tokopedia, juga menawarkan promo kejutan belanja pada 5-7 Desember 2018. Ada berbagai penawaran, seperti gratis ongkos kirim, uang kembali, hingga hadiah tunai sebesar Rp 500 juta melalui fitur Kebut Shake-shake.
Tidak hanya Tokopedia, berbagai e-commerce lain menwarkan promo menggiurkan. Salah satunya Shopee. Perusahaan yang berada di bawah naungan SEA Group ini juga menawarkan diskon akhir tahun yang juga untuk memperingati hari ulang tahunnya sehingga dipilih tema ”12.12 Birthday Sale”. Berikut wawancara Kompas bersama Director of Shopee Indonesia Christin Djuarto pada Rabu (28/11/2018).
Bagaimana Anda melihat persaingan e-commerce menawarkan promo akhir tahun?
Kami tidak merasa harus membandingkan secara langsung promo kami dengan yang lain, tetapi kami memberikan promosi yang luar biasa. Promo ini lebih fokus ke apa yang diinginkan pengguna.
Kami juga belajar dari promo kami sebelumnya ”Shopee 11.11 Big Sale”. Promo ini, kan, diadakan pula oleh Shopee di negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Cara mereka yang berhasil kami adopsi ke promo kali ini.
Promo apa saja yang ditawarkan pada ”12.12 Birthday Sale”?
Kami memberikan promo uang kembali spesial hingga 120 persen. Lalu ada gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia hingga 12 kali per pengguna tanpa minimum belanja. Ada pula kuis Shopee yang berhadiah total Rp 12 miliar. Selain itu, para penjual juga memberikan diskon yang banyak sekali. Promo ini berlangsung selama tiga minggu yang puncaknya pada Rabu, 12 Desember 2018.
Berapa target pembelian di masa promo ini?
Kami belum memasang target dalam angka, yang jelas harus melampaui pendapat promo sebelumnya. Promo sebelumnya lebih dari 11 juta pesanan dari tujuh negara.
Berapa lama menyiapkan dari perencanaan hingga realisasi promo ini?
Konsep pertama sudah ada dari setengah tahun yang lalu. Empat bulan lalu sudah mulai aktif, lalu diskusi perencanaannya.
Karena menggunakan sistem digital, bagaimana Shopee menghindari terjadinya gangguan akibat banyaknya transaksi nanti?
Kebutuhan server kita memang sangat tinggi. Untuk promo 11.11 sebelumnya, kami sudah tambah. Sekarang akan proses penambahan server lagi.
Setelah masa promo sebelumnya, berapa persen pengaruh pendapatan Shopee Indonesia ke SEA Group dibandingkan dari negara lain?
Kami belum lihat masa promo 11.11 sebelumnya karena masuk di kuartal IV. Kontribusi kami ke perusahaan induk pada kuartal III-2018 sebesar 40 persen. Kami belum prediksi juga karena Shopee negara lain juga mengadakan promo yang sama.
Perkembangan kami juga positif di tiga tahun ini. Dari tahun sebelumnya ke tahun ini, di kuartal III sudah lebih dari 150 persen perkembangannya. Adapun perusahaan biasa bisa naik dua digit saja dari tahun ke tahun itu sudah bagus.
Shopee sudah berkembang pesat di Indonesia. Ada kemungkinan untuk melakukan initial public offering atau masuk ke Bursa Efek Indonesia?
SEA Grup sendiri sudah publik di New York. Untuk sekarang, itu masih cukup. Jadi, untuk sekarang kami belum ada rencana ke sana. Namun, kalau, misalnya, memang kesempatannya bagus, nanti kami akan lihat.
Bagaimana langkah Shopee untuk tahun depan?
Untuk tahun depan kami akan fokus ke layanan Shopee 24. Itu termasuk untuk layanan pengiriman di mana pembeli bisa mendapat produk dalam 24 jam sejak dia beli sampai di tangannya. Itu baru daerah Jakarta dan sekitarnya. Jadi kami akan perluas ke seluruh Indonesia, termasuk kota-kota yang masih jauh.
Ada juga layanan chatting dalam 24 jam. Jadi pengguna bisa konsultasi kapan pun. (SITA NURAZMI MAKHRUFAH)