Dian Sastro berdiri memegang ponsel, tersenyum, tetapi matanya menatap entah kemana seolah menemukan sesuatu yang sudah lama dia idamkan. Di bawah dia, berderet beragam barang-barang elektronik dengan harga sangat ekstrem murahnya, hanya Rp 12.000. Jika Dian Satro saja kepincut, apalagi para pemburu harga murah.
Begitu cara Bukalapak.com menarik calon pembeli untuk berselancar lebih jauh ke dalam labirin diskon yang ia tawarkan. Di sana ada "Serbu Seru" sampai "Flash Deal" yang bikin orang segera belanja. Bayangkan, harga MAcbook Pro 13 Inchi hanya Rp 12.000.
Marketplace lain seperti Tokopedia dan JD.ID tak kalah garang dalam menggoda calon pembeli. Mereka bersaing di dunia maya menarik mata calon membeli untuk men-tab menu-menu pembelian.
Begini CEO Office Manager Tokopedia Priscilla Anais menjelaskan, Tokopedia mengadakan festival belanja bertajuk Kejutan Belanja Untung (Kebut) di akhir tahun. Festival itu berlangsung pada 5-7 Desember 2018.
Nah, mirip dengan itu, Corporate Communication Manager PT Bukalapak.com Evi Andarini bilang, pihaknya memperpanjang promo hari belanja online nasional (Harbolnas) hingga 31 Desember 2018. Promo itu disebut “After.11 Harbolnasnya Bukalapak Promo Tiada Ampun!”.
Daya tarik itu masih ditambah dengan Dian Sastro. Kurang menarik apa coba. Kesadaran pemegang ponsel dapat segera menurun begitu melihat angka rendah dan Dian yang memesona. Begitu pengakuan beberapa pemilik akun marketplace.
Pengunjung situs Bukalapak meningkat setiap tahun dan naik pesat pada periode Harbolnas 12 Desember 2018, yaitu lebih dari 2 juta orang. Hingga kini, tercatat ada sekitar 50 juta pengunjung Bukalapak.
Jenis produk yang palng diminati konsumen antara lain adalah peralatan rumah tangga, ponsel, dan pakaian. Dengan banyaknya jumlah pengunjung, Bukalapak menargetkan target transaksi senilai Rp 1,6 triliun. Namun, pihaknya tidak bisa menyebutkan nilai tansaksi yang sudah tercapai hingga kini.
Menurut hasil survei Katadata Insight Center pada November 2018, ada sekitar 40 persen masyarakat yang suka mengikuti festival belanja seperti Harbolnas tadi.
Mal-mal pun tak kalah sengit mengeluarkan jurus menjaring pembeli. Mal Central Park, memakai jurus "01.01 Neo Year Shop Fest-Cash Bacak Deal” dan “Neo Year Rewards”. Dengan belanja Rp 1 juta, pengunjung berkesempatan mendapat berbagai hadiah seperti Iphone XS 64gb, Satu Dyson V6 Cordless Vacuum Cleaner, dua voucher Neo Soho sebesar Rp 3 juta, dan dua voucher menginap Pullman Central Park Jakarta.
Adapun Mal Senayan City melalui program belanja "New Year Perks" memberikan diskon sampai70 persen. Humas Mal Senayan City Olyvia Yosephine mengatakan, selama momen Natal-Tahun Baru ini pengunjung naik hingga 40 persen dibanding hari biasanya.
Akhir tahun menjadi surga bagi para pemburu harga murah. (E07/E16)