Konsumen Ingin Transaksi Belanja Daring Lebih Cepat
Oleh
ELSA EMIRIA LEBA
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS - Konsumen platform e-dagang menginginkan transaksi berbelanja dapat dilakukan lebih cepat. Perbankan menjawab tuntutan tersebut dengan menciptakan sistem pembayaran sekali klik.
Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Armand W Hartono dalam penandatanganan perjanjian kerja sama BCA dan Shopee di Jakarta, Rabu (9/1/2019), menyampaikan, minat masyarakat berbelanja daring terus meningkat. “Konsumen menginginkan pengalaman berbelanja yang cepat, nyaman dan aman,” katanya.
Berbagai inovasi telah dilakukan industri perbankan untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan tuntutan konsumen. Salah satunya, BCA menerapkan fitur berbasis teknologi application programming interface (API).
API memiliki berbagai fitur, seperti transfer secara daring, mutasi rekening, dan akun virtual. Kini, terdapat fitur baru yang bernama OneKlik. Fitur tersebut membuat konsumen dapat membayar produk yang diinginkan dengan satu kali klik.
Sejumlah perusahaan platform e-dagang telah menggunakan fitur itu untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Beberapa di antaranya Blibli.com, Bukalapak, dan Shopee. Perusahaan rintisan aplikasi penyedia layanan transportasi, Go-jek, juga menjadi pengguna lainnya.
Direktur BCA Henry Koenaifi menambahkan, BCA fokus bekerja sama dengan perusahaan e-dagang yang memiliki nilai transaksi besar. Ini untuk menjadi jaminan keamanan bagi nasabah.
Adapun BCA adalah salah satu bank swasta di Indonesia. Bank ini telah memiliki sekitar 18,5 juta rekening nasabah.
Konsumen menginginkan pengalaman berbelanja yang cepat, nyaman dan aman
CEO Shopee Chris Feng Chris Feng menyampaikan, perusahaan e-dagang berupaya untuk meningkatkan opsi pelanggan untuk bertransaksi. Proses pembayaran dengan satu kali klik membuat pelanggan tidak harus melalui proses pembayaran yang panjang, seperti harus memasukkan nama, nomor rekening, dan alamat.