logo Kompas.id
UtamaKualitas Pelayanan Publik...
Iklan

Kualitas Pelayanan Publik Cenderung Menurun

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/5pDTFwH1s7uEWAoOpVhwsificqg=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F01%2FWhatsApp-Image-2019-01-31-at-21.51.10_1548946362.jpeg
HUMAS KEMENPAN RB

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyalami Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin saat menghadiri acara ”Refleksi 2018 dan Resolusi 2019 Kemenpan dan RB”, di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Indeks reformasi birokrasi cenderung mengalami penurunan. Hal itu terjadi karena belum ada reformasi birokrasi hingga tingkat bawah. Padahal, di tataran itu, masyarakat secara langsung merasakan kualitas pelayanan publik.

Berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) kepada seluruh instansi pemerintah di tahun 2018, indeks reformasi birokrasi cenderung stagnan, bahkan menurun. Adapun penilaian dilakukan di 83 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 518 pemerintah kabupaten/kota.

Editor:
Andy Riza Hidayat
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000