Era teknologi membuat bisnis menjadi lebih mudah. Termasuk dalam hal pembukuan keuangan. Dengan aplikasi, Anda tidak lagi repot menjaga buku keuangan Anda.
Berikut ini, beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu pencatatan keuangan.
TemanBisnis
Aplikasi dari Badr Interactive ini memang diperuntukkan untuk keuangan bisnis. Cocok sekali bagi Anda yang pertama kali memulai usaha. Dengan aplikasi ini, Anda dengan mudah bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran dari berbagai sumber. Semua sumber keuangan bisa dengan mudah Anda kelompokkan. Jadi, Anda bisa dengan mudah melacak transaksi.
Aplikasi ini bahkan bisa mencatat transaksi kredit dan utang. TemanBisnis secara otomatis juga bisa melakukan penghitungan sejumlah laporan sekaligus. Mulai dari laba rugi, utang piutang, hingga pertumbuhan kas secara periodik. Menariknya, di sini ada juga konten berisi panduan dan informasi singkat pengelolaan bisnis.
Expense Manager
Serupa dengan TemanBisnis, Expense Manager juga bisa mengategorikan pemasukan dan pengeluaran sesuai kebutuhan. Data tersebut bisa ditampilkan secara per hari hingga per tahun.
Menariknya, di Expense Manager, Anda bisa membuat lebih dari satu akun keuangan. Semuanya bisa dicatat pada aplikasi ini. Tidak hanya itu, fitur lainnya adalah layanan pemberitahuan pembayaran, penyimpanan bukti pembayaran, transfer akun, hingga laporan berbentuk diagram.
Lamikro
Bisa dikatakan aplikasi ini sangat sederhana untuk digunakan. Lamikro diciptakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Aplikasi ini laporan keuangan akuntansi ini memang ditujukan untuk penggerak UKM mikro seluruh Indonesia.
Lamikro dirancang agar pengguna lebih fleksibel saat mencatat keuangannya. Aplikasi ini bisa dengan mudah diatur berdasarkan penggunaan dan penganggaran dana. Fiturnya cukup banyak, yaitu entri jurnal, daftar jurnal, laba dan rugi, serta neraca.
Jurnal
Jurnal merupakan aplikasi akuntansi yang sudah cukup populer digunakan orang. Jurnal mampu menyajikan laporan keuangan yang spesifik, simpel, dan mudah dibaca. Anda bisa dengan mudah melihat dan mengelola data karena performa bisnis secara periodik tersaji dengan lebih nyaman dibaca. Mulai dari penjualan, pembelian, biaya, hingga laba rugi.
Jurnal tidak hanya mencatat kas masuk dan keluar, tetapi juga memantau penjualan dan pembelian beserta daftar invoice. Anda juga mengecek persediaan barang dan inventori gudang sekaligus. Hal ini memungkinkan Anda bisa mengatur bisnis dengan lebih mudah, di mana pun dan kapan pun.