Berdasarkan laporan riset iPrice ”The Map of E-Commerce Indonesia Q4-2018” yang dikutip Kompas, Minggu (10/2/2019), pada triwulan IV-2018, laman Bukalapak rata-rata mendapat 116 juta kunjungan per bulan. Terjadi kenaikan kunjungan 20 juta per bulan dibandingkan dengan triwulan III-2018.
Bukalapak, menurut riset iPrice itu, kini telah menjadi e-dagang dengan kunjungan laman kedua terbanyak di Indonesia. Dari waktu ke waktu, jumlah pengunjung juga terus bertambah.
Nama Bukalapak dan CEO Bukalapak Achmad Zaky pun akhir-akhir ini mencuat. Pangkal persoalannya adalah cuitan Zaky mengenai pentingnya riset, inovasi, dan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.
Tanpa menunggu lama, Presiden Joko Widodo pada Sabtu (16/2/2019) ini bertemu dengan Chief Executive Officer Bukalapak Achmad Zaky di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan itu tidak sebentar. Dalam pertemuan tertutup hingga sekitar dua jam itu, kedua belah pihak berdiskusi panjang tentang cuitan Zaky hingga riset di Indonesia.
Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Presiden Joko Widodo memaafkan dan menyarankan Zaky agar lebih berhati-hati. Presiden juga sepakat dengan pentingnya riset sebagaimana juga telah menjadi perhatian serius pemerintah selama ini.
”Jadi, saya mengapresiasi sekali apa yang sudah dilakukan pemerintah. Dan, pemerintah sudah memiliki rencana untuk membuat Indonesia maju yang berbasiskan inovasi,” kata Zaky.
Berikut ini merupakan sejumlah arsip foto harian Kompas terkait Bukalapak.