Karakter merupakan cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun negara. Individu yang berkarakter baik bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.
Tentunya setiap orang dilahirkan dengan karakter yang berbeda. Karakter ini juga akan memengaruhi ketika seseorang bergerak di bidang usaha atau dengan kata lain menjadi seorang wirausaha.
Menurut founderdanChief Executive Officer (CEO) Startup Professionals Martin Zwilling, setiap wirausaha memiliki DNA berbeda dan siap membantunya untuk sukses. Setiap pengusaha harus mengoptimalkan DNA tersebut untuk mengatasi setiap tantangan.
Temukan karakter wirausaha sebagai langkah awal dan manfaatkan kekuatan itu untuk menopang kelemahan guna membangun rencana. Zwilling membagi karakteristik wirausaha menjadi empat tipe, seperti dilansir dari Youngentrepreneur.com.
1. Pembangun
Karakteristik wirausaha seperti ini adalah pemain utama dalam sebuah permainan bisnis. Dengan DNA pembangun, para pengusaha jenis ini selalu melihat dua-tiga langkah lebih maju dibanding para kompetitornya. Karakter wirausaha pembangun selalu dikenal dengan orang yang fokus, dingin, penuh perhitungan, dan penentu arah.
2. Oportunistis
Karakter oportunistis adalah bagian spekulasi dari setiap diri pengusaha. Bagian dari keberadaan seseorang yang menginginkan berada di tempat yang tepat dengan waktu yang tepat, serta menggunakan waktu yang tepat untuk mencetak uang sebanyak mungkin. Seperti bermain saham dengan memanfaatkan momentum atau investasi dan jual kembali rumah memanfaatkan kenaikan harga.
3. Spesialis
Pengusaha jenis ini akan bertahan di perusahaan selama 15–30 tahun, membuat fondasi perusahaan yang kuat. Wirausaha dengan karakter spesialis akan menonjol di tengah keramaian orang yang penuh dengan pesaing. Jenis-jenis pengusaha tipe ini adalah ahli teknologi informasi, pengacara, akuntan independen, dan desainer grafis.
4. Inovator
Hampir sama dengan spesialis, pengusaha inovator seperti membuat laboratorium dalam setiap bisnisnya. Membuat berbagai rumus bisnis, konsep, hingga produk yang berhasil diaplikasikan dalam perusahaan. Tantangan terbesar karakteristik inovator adalah selalu berjuang walaupun di tengah kesuksesan. Selalu memikirkan produk terbaru di tengah peluncuran produk baru.
Jadi, tipe karakter wirausaha seperti apa diri Anda?
Foto: Shutterstock.com