Inovasi Transaksi Perbankan Terangkum dalam Satu Platform
Oleh
Pascal S Bin Saju
·2 menit baca
JAKARTA, KOMPAS - Inovasi dalam bertransaksi secara elektronik untuk memenuhi semua kebutuhan dirangkum dalam satu platform, yakni aplikasi Jenius. Dengan format layaknya bank digital, aplikasi ini diciptakan sebagai solusi life finance.
“Jumlah pengguna Jenius per Desember 2018 mencapai 1,2 juta nasabah,” ujar Value Proposition & Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan S Tisnabudi dalam acara Media Gathering di Jakarta, Selasa (26/2/2019).
Jenius adalah platform aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, seperti isi ulang saldo e-wallet, membayar tagihan layanan musik dan film berlangganan, hingga membuka deposito tanpa harus ke bank dan antre. Aplikasi yang diluncurkan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) pada Agustus 2016 itu berupaya untuk mengikuti kebutuhan digital savvy.
Oleh karena itu, lanjut Irwan, perkembangan dunia sekarang sangat cepat sehingga institusi keuangan harus berinovasi. Penawaran menarik dari aplikasi itu, di antaranya split bill, yaitu berbagi tagihan ke siapa pun dengan mengirimkan permintaan uang sesuai jumlah tagihan menggunakan aplikasi atau pesan singkat (SMS).
Kemudian pay me, mengirim permintaan uang menggunakan $Cashtag dan nomor telepon atau alamat email, dan beberapa fasilitas lainnya. Konsep $Cashtag sendiri merupakan penyederhanaan angka rekening yang dirubah menjadi nama yang diinginkan pemilik akun.
Disamping itu, aplikasi yang sudah mendapat verifikasi dan perizinan dari Otoritas jasa Keuangan (OJK) tersebut mengeluarkan produk kredit, disamping pengelolaan dana deposito dan tabungan yang menjadi layanan utama.
“Kami sebenarnya meluncurkan credit line pada September tahun lalu, tapi masih diperuntukkan untuk pelanggan terpilih kita yang sudah menggunakan Jenius. Untuk nasabah baru masih belum kami buka karena masih mempelajari dulu,” jelas Irwan.
Salah satu pengguna Jenius dan travel enthusiast Reza Pahlevi mengaku sangat dimudahkan dalam memberikan efisiensi terbaik kebutuhan finansial.
“Yang paling sering, dipakai untuk bayar netflix, itunes, spotify, icloud bahkan saat melakukan pembayaran saat liburan ke luar negeri. Gak perlu ke money changer, cukup pakai aplikasi ini,” kata dia.
Selain itu, layanan yang paling bermanfaat bagi kaum milenial adalah dream saver. Layanan tabungan otomatis berbunga yang setara dengan deposito dan bisa diatur sesuai kebutuhan.
“Aplikasi ini akan membantu mengingatkan terkait target waktu, dan besaran jumlah tabungan yang ingin dicapai. Jadi, mengajarkan disiplin dan kebiasaan untuk menabung,” terang Irwan.(FRANSISCA NATALIA ANGGRAENI)