logo Kompas.id
UtamaDiversifikasi Pasar Penting
Iklan

Diversifikasi Pasar Penting

Oleh
Cyprianus Anto Saptowalyono
· 2 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/XdYrXV1XF4gW4tVC1rkc44Ut_d0=/1024x575/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2FIMG-20190228-WA0002_1551354287.jpeg
KOMPAS/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Suasana pembukaan Seminar Perdagangan Nasional dan Dialog Gerakan Ekspor Nasional yang digelar di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS — Diversifikasi pasar, produk, dan pelaku usaha merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja ekspor. Apalagi, tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekspor 7-9 persen.

”Selama ini, sekitar 50 persen ekspor kita hanya tertuju ke lima negara, yaitu Amerika Serikat, China, Jepang, India, dan Singapura,” kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Ari Satria di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000