logo Kompas.id
UtamaPesohor, Modal Sosial bagi...
Iklan

Pesohor, Modal Sosial bagi Parpol?

Oleh
M PUTERI ROSALINA/LITBANG KOMPAS
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/3idpICPYUk-iwGNCzt_1DoU-s7c=/1024x497/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2F20190106_101246_1546773819-e1546773836708.jpg
ERIKA KURNIA UNTUK KOMPAS

Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta I Chica Koeswoyo berkampanye melalui media kartu pos yang dikirim ke rumah warga awal Januari ini. Melalui media tersebut, mantan penyanyi cilik ini memperkenalkan dirinya dan menyampaikan visi misinya dalam memperjuangkan hak anak-anak dan perempuan.

Kehadiran pesohor sebagai calon anggota legislatif dalam Pemilu 2019 bisa menjadi salah satu modal sosial parpol. Para caleg pesohor itu berpeluang menambah suara partai.

Modal sosial juga digunakan partai politik untuk merebut suara dalam pemilu legislatif, selain modal ekonomi. Modal sosial, yang menurut Robert Putnam (Making Democracy Work, 1993), berupa kepercayaan, jaringan, dan norma-norma sosial bisa menjadi modal meningkatkan dukungan partai.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000