logo Kompas.id
UtamaOperator Telekomunikasi...
Iklan

Operator Telekomunikasi Berharap Tahun Ini Lebih Baik

Oleh
MEDIANA
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/G_3ZzNNowhJ4guoMyrLMt7EHMWU=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F03%2FBTS-4G_1551602379.jpg
DOKUMENTASI XL AXIATA

Ilustrasi _ Petugas XL Axiata merawat salah satu unit pemancar berteknologi akses 4G LTE.

JAKARTA, KOMPAS -  Kinerja sejumlah operator telekomunikasi seluler sepanjang 2018 tidak optimal. Kebijakan wajib registrasi nomor prabayar dengan validasi data tunggal kependudukan, ketatnya persaingan harga layanan, serta menurunnya pendapatan produk SMS dan telepon disebut sebagai penyebab. Operator berharap, tahun 2019, ketiga isu tersebut bisa teratasi sehingga kinerja membaik.

Presiden Direktur dan CEO Hutchison Tri Indonesia (Tri) Cliff Wood, Jumat (8/3/2019), di Jakarta, bahkan, menyebut industri telekomunikasi seluler Indonesia tumbuh negatif pada 2018. Meski berada di tengah situasi sulit, Tri masih bisa menorehkan kenaikan pertumbuhan pendapatan sampai dua digit menjadi sekitar satu miliar dollar AS. Pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (ETBIDA) tumbuh empat kali lipat atau menjadi 200 juta dollar AS.

Editor:
Mukhamad Kurniawan
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000